TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sengketa Dan Gugatan Pilkades Serentak Desa Kebondalem Kabupaten Temanggung Berlanjut Ke PTUN Jawa Tengah

Jatim Aktual, Temanggung – Pemilihan Kepala Desa serentak di kabupaten Temanggung Tahun 2022 telah berlalu, namun bagi sebagian masih ada sengketa yang kurang puas harus menempuh jalur hukum.

Sengketa pemilihan Kepala Desa Kebondalem kecamatan Bejen kabupaten Temanggung memasuki tahapan proses hukum serta gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jawa Tengah Semarang. 06/12/22.

Proses hukum tahapan Pilkades dengan dilantiknya Kades terpilih Desa Kebondalem Misrinah, meskipun demikian masih menyisakan persoalan yang belum selesai, akibatnya saat ini terjadi gugatan di PTUN Semarang.

Sengketa hasil pemilihan kepala Desa Kebondalem diajukan oleh Masyarakat Desa Kebondalem, LSM dan calon Kades kepada rival Misrinah.

BACA JUGA :  DEBU PROYEK BETERBANGAN, PELAKSANA DAN KONSULTAN PENGAWAS ENGGAN BERKOMENTAR

Calon kades di wakili oleh kuasa Hukumnya dari kantor DJS dan Partners yang dipimpin oleh Advokat Dwanda, J. Setyawan, SH. MH. CLA

Atas upaya banding hasil adminitrasi sengketa Pilkades dan keberatan adminitrasi kepada Bupati Temanggung tidak ada keputusan yang memuaskan, dalam hal ini Bupati Temanggung tetap melantik, serta mengeluarkan Surat Keputusan No.141/315 Tahun 2022, atas penerbitan SK tersebut diajukan gugatan pembatalan di PTUN Semarang, yang telah terdaftar dengan Nomor Perkara : 101/G/2022/PTUN.SMG tertanggal 28 November 2022.

Kali ini gugatan di PTUN Semarang di wakili oleh kuasa hukum dari Kantor Kantor Hukum Zeiwa Dajus & Partners, Dr. Eka Priambodo, S.H., M.H; Dwanda J Sistyawan, S.H., M.H., C.L.A.; Saifudin Zuhri, S.H., M.H.; Zainal Mustofa, S.H; Sigit Pamungkas, S.H; Nur Ariatmoko, S.H.; Jumadi, S.H.; Irwan Kuncoro, S.H.; Wahono, S.H.

BACA JUGA :  Lanud Sam Ratulangi Peringati Hari Bakti TNI AU 2022

Alasan diajukan gugatan menurut kuasa hukum Iwan Kuncoro, SH dan Wahono, SH sesaat setelah sidang di PTUN Semarang menyampaikan kepada jatimaktua.com “Gugatan diajukan di PTUN Semarang setelah melakukan serangkaian upaya hukum atau adminitrasi, akan tetapi upaya tersebut belum mendapatkan hasil sesuai harapan. Sehingga klien kami mengajukan gugatan ini”.

BACA JUGA :  Jambret Tas Karyawati, 2 Pria Diamankan Polsek Cisoka Polresta Tangerang

Lebih lanjut irwan menjelaskan “Proses Pilkades di Desa Kebondalem Kecamatan Bejen mendasar pada aturan hukum berupa peraturan Bupati Temanggung Nomor 5 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Temanggung Nomor 113 Tahun 2021 tentang tata cara pemilihan Kepala Desa.

Menurut kami pada serangkaian proses Pilkades ada 4 Pasal yang kita duga telah dilanggar oleh Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten dan Tingkat Desa, semua kami uraikan secara detail di gugatan yang sudah masuk di Pengadilan”.

Sidang perdana dengan agenda pemeriksaan berkas di PTUN serta proses sidang, dilanjutkan selasa depan.( Ali Yusup)

Penulis: Ali YusupEditor: Wulandari